Kembali Ke Daftar Artikel

Fungsi dan Manfaat Beton Ready Mix

Beton

3 mins read

BRIK · 1 November 2023

Beton cor terbilang penting dalam sebuah konstruksi. Pemilihan bahan serta jenis beton yang digunakan sangatlah penting karena akan turut mempengaruhi hasil akhir dari bangunan yang dibuat. Fungsi dan manfaat beton ready mix yang beragam ini ternyata memiliki elemen pembuatan yang umum serta hampir sama. Di antaranya adalah pasir, semen, kerikil, serta air.


Seringkali akan ada tambahan material lain seperti bahan additif dengan sifat fisikal atau kimiawi. Semua bahan ini akan dicampur menjadi satu agar menjadi homogen serta berubah menjadi batuan keras. Barulah beton ready mix dapat digunakan dalam konstruksi bangunan. Manfaat dari beton cor sendiri sangat banyak, walau seringkali disebut batuan tiruan.


Beton cor termasuk dalam jenis batuan buatan manusia dengan rongga-rongga antara butiran besar. Di antara rongga itulah diisi dengan menggunakan semen. Fungsinya adalah sebagai perekat ataupun pengikat dalam pengerasan batuan.
Beton akan dibentuk berdasarkan kebutuhan dari masing-masing konstruksi yang dijalankan. Karena itulah seringkali kita jumpai bentuk serta jenis beton cor yang berbeda-beda. Sebagai contoh adalah beton cor yang digunakan dalam konstruksi jembatan tentu akan berbeda dari beton konstruksi untuk area parkir. Walau demikian, ada banyak fungsi dan manfaat beton ready mix yang dapat diperoleh, termasuk di antaranya adalah ketahanan akan perubahan cuaca ekstrem.

Fungsi Beton Ready Mix

Secara lebih rinci, berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat beton ready mix yang banyak digunakan dalam konstruksi bangunan:

  1. Beton cor kualitas baik yang terbuat dari bahan-bahan bermutu akan dapat menahan tekanan atau beban secara baik.
  2. Sifat beton cor sendiri adalah tahan akan korosi serta pembusukan lingkungan yang ada di sekitarnya. Walau terkena hujan atau panas yang ekstrem, beton cor akan tetap berdiri kokoh.
  3. Beton cor juga bisa dicetak sesuai kebutuhan serta keinginan masing-masing.
  4. Hasil adukan semua material beton cor akan dapat digunakan dalam menambal retakan di konstruksi atau area. Dapat juga digunakan pada proses perbaikan retakan apabila ada.
  5. Fungsi dan manfaat beton ready mix berikutnya adalah apabila menggunakan alat bantu yang memungkinkan maka akan dapat dituangkan dalam konstruksi yang lokasinya sulit. Sebagai contoh adalah pada ketinggian gedung yang terbilang sulit dijangkau.
  6. Beton cor ataupun jenis beton lain akan tahan terhadap api serta takkan mudah dibakar. Ini membuat umurnya akan lebih lama bagi sebuah konstruksi bangunan.

Manfaat Beton Ready Mix

Selain memahami beragam fungsi dan manfaat beton ready mix di atas, saatnya kita simak macam-macam beton cor. Klasifikasi umumnya akan dilakukan sesuai mutu dan kualitasnya.

  • Pertama ada beton cor mutu K 175 yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan ringan.
  • Kedua ada beton cor mutu K 225 dengan pemakaian umum sebagai bahan bangunan ruko ataupun perumahan dua lantai.
  • Ketiga ada beton cor mutu K 250 yang nyaris serupa seperti K 225. Bedanya, jenis ini digunakan sebagai konstruksi tempat tinggal maupun ruko yang terdiri dari 2 lantai, terutama yang harus menopang beban cukup berat.
  • Keempat ada beton cor mutu K 300. Penggunaannya adalah dalam konstruksi bangunan seperti rumah atau ruko yang terdiri dari tiga lantai.
  • Kelima ada beton cor mutu K 350 yang umum digunakan dalam bangunan ruko ataupun tempat tinggal dengan 3 atau lebih lantai. Bisa dikatakan bahwa beton cor mutu K 350 ini lebih bermutu serta kuat.
  • Keenam ada beton cor mutu K 400. Fungsi dan manfaat beton ready mix K 400 ini adalah sebagai konstruksi jalan tol ataupun jalan negara. Jenis ini termasuk sangat kuat serta tahan terhadap aneka jenis kerusakan, baik akibat lingkungan ataupun cuaca.