Syarat & Ketentuan

iphoneImage

Syarat & Ketentuan

Mohon diperhatikan sengan seksama syarat dan ketentuan ini. Anda dianggap telah membaca, mengerti, dan menyetujui setiap ketentuan yang terdapat pada dokumen ini dengan melakukan pendaftaran akun dan/atau menggunakan situs www.brik.id. Syarat dan ketentuan ini adalah dasar hukum yang berisikan hak dan kewajiban, serta mengikat Anda dengan Kami, PT. Rancang Bangun Indonesia Kita (BRIK), selaku pemilik dan pengelola situs www.brik.id, dalam melakukan dan memanfaatkan layanan yang tersedia pada situs. Syarat dan ketentuan ini memiliki kekuatan hukum yang sama dengan perjanjian tertulis antara Anda dengan BRIK. Ikatan hukum tetap berlaku dari waktu ke waktu selama situs ini aktif, dan setiap waktu Anda menggunakan situs. Untuk kepastian hukum maka bilamana dikemudian hari dapat diketahui bahwa Anda tidak pernah atau setidaknya menyangkal persetujuan tentang Syarat dan Ketentuan ini maka segala bentuk perikatan yang menimbulkan Hak pada Anda dapat disangkal dan dikesampingkan untuk pemenuhannya.

Syarat dan ketentuan ini terbagi dalam beberapa bagian berikut:

  1. Definisi.
  2. Kedudukan Setiap Pihak.
  3. Referensi.
  4. Akurasi atas Informasi.
  5. Interpretasi atas Penawaran.
  6. Standarisasi Produk.
  7. Transaksi.
  8. Pusat Resolusi.
  9. Ketentuan Lain.
  10. Penolakan Jaminan dan Pelepasan Tanggung jawab.
  11. Pelepasan.
  12. Ganti Rugi.
  13. Pilihan Hukum dan Penyelesaian Sengketa.
  14. Pembaharuan.

Definisi

  1. Anda adalah penyebutan yang merujuk pada pengguna situs, baik yang sudah terdaftar maupun belum terdaftar, yang menggunakan akun miliknya sendiri atau bukan miliknya sendiri, dan pada intinya merujuk kepada Pihak selain daripada PT Rancang Bangun Indonesia Kita (BRIK) yang melakukan akses ke Situs.
  2. Situs adalah website www.brik.id yang mana dimiliki dan dikelola oleh BRIK berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Pengguna adalah setiap orang yang melakukan akses ke situs, yang menggunakan layanan maupun tidak menggunakan layanan.
  4. Terdaftar artinya telah melakukan registrasi untuk mendapatkan akun pada situs ini sehingga memiliki “Username” dan “Password”.
  5. PT Rancang Bangun Indonesia Kita (BRIK) adalah sebuah badan usaha berbadan hukum yang didirikan berdasarkan hukum yang berlaku dan tercatat di Negara kesatuan Republik Indonesia dan bergerak di bidang usaha industri dan perdagangan bahan ban bangunan serta jasa-jasa yang mendukung untuk keperluan itu.
  6. Email atau surat elektronik adalah informasi elektronik yang berisikan suatu pesan baik yang berisi kata, maupun bentuk informasi lainnya, yang ditujukan pada Penerima yang alamat emailnya tercantum sebagai alamat tujuan surat, sehingga pada dasarnya informasi yang tersedia pada email bersifat privat dan spesifik ditujukan pada penerima.
  7. Akun berarti data tentang pengguna situs.
  8. Username adalah nama akun yang diberikan oleh pengelola situs berdasarkan permintaan pengguna dan ketersediaan nama itu pada pangkalan data yang dimiliki pengelola.
  9. Password adalah kombinasi dari huruf, angka, dan simbol tertentu sebagai alat pengamanan akun dan otentifikasi penggunan.
  10. Kode Referral adalah kode rujukan yang terdiri dari kombinasi unik dari angka, huruf, simbol atau kombinasi daripadanya yang digunakan untuk mengidentifikasi peserta dalam sebuah program dan/atau kegiatan menarik pengguna baru.
  11. Hari dan tanggal mengacu pada hari dan tanggal pada kalender masehi (Gregorian).
  12. Setiap orang berarti setiap orang pada umumnya sesuai ketentuan hukum umum yang berlaku di Indonesia.

KEDUDUKAN SETIAP PIHAK

  1. BRIK adalah pemegang dan pemilik hak atas merek BRIK dan merek lain yang menjadi turunannya. BRIK berperan sebagai aggregator dalam proses penjualan produk-produk yang termasuk dalam layanannya (“Produk BRIK”), sehingga tidak semua produk diproduksi oleh BRIK sendiri, tetapi dapat pula diproduksi oleh Pihak Ketiga berdasarkan permintaan khusus BRIK.
  2. Pembeli produk BRIK adalah:
    1. Pembeli perseorangan atau perseorangan yang mewakili suatu badan usaha yang membeli produk untuk kebutuhannya sendiri.
    2. Kontraktor baik itu perseorangan atau perseorangan yang mewakili suatu badan usaha kontraktor yang membeli produk untuk pemenuhan kebutuhan penyelesaian proyek.
  3. Agen adalah pelaku usaha distribusi yang bertindak sebagai perantara untuk dan atas nama pihak BRIK sebagai Pihak yang menunjuknya berdasarkan suatu perjanjian dengan imbalan komisi untuk melakukan kegiatan pemasaran produk BRIK tanpa memiliki/menguasai barang yang dipasarkan.
  4. Supplier adalah Pihak Ketiga yang memproduksi produk berdasarkan permintaan khusus BRIK.
  5. Kode referral diberikan BRIK kepada pengguna atas dasar kebijakan internal perusahaan. Kode referral dapat memiliki batas keberlakuan, baik dikarenakan periode waktu atau kuota jumlah pengguna. BRIK tidak dapat menjamin keberlakuan kode referral yang Anda dapatkan dari pengguna lain, atau yang Anda dapatkan dari halaman atau kolom-kolom promosi pada situs.

REFERENSI

Anda, baik dalam kedudukan anda sebagai pembeli, agen, atau Supplier mengerti, memahami, dan dengan ini menyatakan persetujuannya atas referensi data-data pribadi yang Anda telah input ke dalam situs dianggap juga telah mencakup input pada turunan daripadanya, termasuk namun tidak terbatas pada situs web versi mobile dan aplikasi. Untuk kepastian hukum, Anda menyatakan telah, secara seksama dan berkala, membaca, mengerti, memahami, dan memberikan persetujuan kebiajakan privasi situs.

AKURASI ATAS INFORMASI

Informasi sebagaimana terdapat pada halaman situs mungkin saja mengandung informasi yang tidak akurat sehingga berpotensi memiliki perbedaan dengan fakta atau pada implementasi. Informasi yang terdapat pada halaman situs juga tinggi muatan promosional sehingga bila tidak dimaknai secara wajar berpotensi menyebabkan interpretasi yang menyesatkan. Anda memahami dan mengerti bahwa penjelasan detail dan pengartian dari informasi-informasi itu, bila dijelaskan secara khusus pada syarat dan ketentuan ini, maka versi yang berlaku adalah yang terdapat pada syarat dan ketentuan ini sehingga Anda tidak akan mengajukan klaim atau tuntutan kepada BRIK apabila Anda tidak menerima layanan atau manfaat atas layanan sebagaimana yang anda harapkan berdasarkan informasi yang tercantum pada halaman situs. Demi kepastian hukum, hirarki atas informasi adalah sebagai berikut (dari yang paling umum kepada yang paling khusus):

  1. Informasi pada halaman situs.
  2. Syarat dan Ketentuan.
  3. Kebijakan Informasi.
  4. Syarat dan ketentuan khusus yang terdapat pada program atau promo yang tampil pada halaman situs.

INTERPRETASI ATAS PENAWARAN

Penawaran yang dimaksud dalam syarat dan ketentuan ini adalah penawaran-penawaran sebagaimana tercantum pada halaman situs. Anda memahami bahwa interpretasi atas penawaran-penawaran dibawah ini adalah sebagai berikut:

  1. Harga khusus untuk pemesanan besar tidak dapat selalu diartikan sebagai harga pembelian produk yang lebih rendah daripada harga yang tercantum pada halaman situs, melainkan bahwa BRIK akan mempertimbangkan kondisi-kondisi seputar rencana pembelian anda, dan memperhitungkan kondisi-kondisi itu dalam penentuan penawaran harga jual kepada Anda.
  2. Jalur prioritas di customer care untuk pemesanan besar berarti Brik dapat menugaskan representative khusus untuk mengurus hal-hal terkait pembelian jumlah besar Anda. Brik sebisa mungkin memberikan layanan yang informatif dan aktual, namun pemberian layanan itu juga bergantung pada berbagai faktor antara lain namun tidak terbatas pada lalu lintas pemesanan dan pertukaran informasi, ketersediaan representatif khusus, serta hal-hal teknis lain berdasarkan pertimbangan BRIK.
  3. Penjualan terjamin untuk Supplier tidak dapat diartikan bahwa Brik memberikan kepastian pembelian dan/atau penjualan produk yang diproduksi atau disediakan Supplier untuk Brik. Brik membuat sistem pemasaran dan penjualan yang berusaha secara terus menerus untuk menemukan pembeli dan melakukan pengikatan jual beli produk. Penerapan sistem dan aktivitas pemasaran dan penjualan itu merupakan komitmen kami kepada para Supplier, kecuali terdapat pernyataan resmi dari BRIK bahwa perusahaan menghentikan kegiatan pemasaran dan penjualannya. Hal-hal lain yang bersifat komersial antara BRIK dan Supplier diatur lebih lanjut dan detail dalam sebuah perjanjian penyediaan produk antara BRIK dan Supplier.
  4. Bergaransi diartikan sebagai jaminan pengembalian atas pembayaran yang telah dilakukan pembeli dalam hal:
  1. Produk yang sudah dipesan dan terkonfirmasi telah dibayar ternyata tidak dapat dikirimkan kepada pembeli oleh BRIK.
  2. Produk yang dikirim kepada pembeli ternyata tidak sesuai pesanan, rusak, atau cacat, yang mana kondisi itu terkonfirmasi oleh pembeli sebelum pembeli secara resmi menerima produk-produk tersebut.

Apabila pembayaran harus dikembalikan kepada pembeli karena sebab-sebab sebagaimana telah disebutkan diatas, maka Anda memahami dan mengerti bahwa ada kemungkinan jumlah pengembalian uang tidak sama dengan jumlah pembayaran atau tidak 100% karena faktor-faktor yang meliputi selama proses penutupan transaksi. BRIK dalam hal ini akan memberikan informasi yang dianggap lengkap dan detail kepada Anda sebagai pembeli perihal pengembalian uang ini apabila terjadinya kondisi, dan diperlukan.

STANDARISASI PRODUK

Pada dasarnya, BRIK berusaha untuk menyediakan produk-produk yang sesuai dan/atau telah memiliki sertifikat standar berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, namun demikian, BRIK tidak dapat menjamin secara keseluruhan mengenai kesesuaian dan keberlakuan sertifikat standar tersebut dari waktu ke waktu. Tanggung jawab dan wewenang untuk menjamin keberlakuan sertifkat standar berada pada setiap produsen produk yang menyediakan produk kepada BRIK. BRIK hanya memberikan informasi terkait standarisasi produk berdasarkan informasi yang diterima dari para penyedia, atau informasi umum seputar produk yang tersedia di publik. Anda memahami, menerima, dan menyatakan tidak akan menuntut, menggugat, mengajukan klaim, meminta pengembalian dan ganti rugi, atau meminta indemnifikasi kepada BRIK bilamana dikemudian hari ditemukan ketidakabsahan sertifikat standar yang melekat pada produk. Bilamana Anda membutuhkan informasi lebih lengkap perihal standarisasi produk, BRIK akan berusaha memenuhi melalui cara-cara yang antara lain, namun tidak terbatas pada mengajukan permintaan kepada supplier. Keputusan dan penilaian akhir atas informasi terkait standarisasi produk sepenuhnya dibawah tanggung jawab Anda.

Khusus untuk supplier:

BRIK berada pada rantai paling akhir sebelum produk sampai ke pembeli karenanya BRIK sadar bahwa suatu-waktu mungkin terdapat klaim atau tuntutan yang diajukan pembeli produk untuk suatu alasan tertentu. Jika berdasarkan investigasi yang dilakukan tim ahli BRIK menemukan bahwa klaim atau tuntutas disebabkan karena kesalahan, baik disengaja maupun lalai, dari supplier maka Anda, sebagai supplier, bersedia dan akan memenuhi tanggung jawab indemnifikasi kepada BRIK.

TRANSAKSI

Proses penutupan transaksi pembelian melalui situs beserta turunan daripadanya menggunakan payment gateway yang dikelola oleh Pihak Ketiga. BRIK menunjuk Pihak Ketiga sebagai pengelola payment gateway sebagai upaya menyediakan proses pembayaran yang lebih mudah dan aman. Anda dapat melakukan pembayaran dengan cara-cara yang tersedia pada situs. Otentifikasi dan konfirmasi pembayaran dilakukan oleh payment gateway dan BRIK mereferensi informasi itu untuk selanjutnya diteruskan kepada Anda. Anda memahami bahwa dalam setiap proses penutupan transaksi dimungkinkan terjadi kendala dan karenanya Anda setuju untuk BRIK tidak memproses pesanan Anda sampai proses penutupan transaksi berikut otentifikasi dan konfrimasi pembayaran didapat oleh BRIK dari payment gateway.

Payment gateway yang ditunjuk BRIK merupakan Pihak Ketiga yang berizin cukup berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan yurisdiksi hukum lain yang relevan disesuaikan dengan kebutuhan transaksi. Berdasarkan hal itu, metode-metode pembayaran yang tersedia pada situs BRIK adalah metode pembayaran yang secara hukum dibenarkan, dan diselenggarakan oleh entitas yang terdaftar dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan Republik Indonesia.

Anda tidak akan menuntut, menggugat, memintakan ganti rugi, atau memintakan indemnifikasi atas kerugian yang Anda alami akibat adanya kendala. BRIK akan selalu berupaya membantu Anda dalam menghadapi kendala pada proses penutupan transaksi namun BRIK hanya diwajibkan mengembalikan pembayaran yang telah otentifikasi dan konfirmasinya telah diterima BRIK dan hal itu terbatas sehubungan dengan kendala pada produk sehingga BRIK tidak dapat memenuhi pesanan.

PUSAT RESOLUSI

BRIK menyediakan alamat email dan nomor kontak khusus untuk dapat menerima, mencatat, dan merespon keluhan pengguna situs, baik respon secara langsung maupun diteruskan ke department dalam organisasi BRIK yang terkait dengan keluhan. Anda memahami bahwa sehubungan dengan lalu lintas penggunaan dan transaksi pada situs, hubungan kepada pusat resolusi mungkin mengalami hambatan atau respon dengan waktu yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Penyelesaian permasalahan memakan waktu yang berbeda-beda dan bergantung pada kesulitan dan kompleksitas permasalahan. BRIK menentukan waktu penutupan suatu permasalahan tercatat pada sistem, dan penutupan catatan permasalahan ini adalah bukti yang dapat digunakan BRIK bilamana suatu waktu terjadi sengketa atas penggunaan layanan pada situs.

KETENTUAN LAIN

  1. Apabila Pengguna mempergunakan layanan yang tersedia dalam Situs, maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan layanan yang digunakan.
  2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan situs secara umum.
  3. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna telah dianggap tunduk pada Kebijakan Privasi Situs.

PENOLAKAN JAMINAN DAN PELEPASAN TANGGUNG JAWAB

BRIK selalu berupaya untuk menjaga Layanan BRIK aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs memiliki kemungkinan tidak terjadi secara actual/real time.

Anda, sebagai Penggunan setuju untuk memanfaatkan Layanan BRIK atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan BRIK diberikan kepada Anda pada “SEBAGAIMANA ADANYA“ dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA“. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, BRIK (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut BRIK bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan BRIK.
  2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan BRIK.
  3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan BRIK.
  4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  5. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
  6. Perselisihan antar pengguna.
  7. Pencemaran nama baik pihak lain.
  8. Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
  9. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain, selain ke Rekening Resmi atau tujuan pembayaran lain yang tercantum pada instruksi pembayaran di situs, yang dengan cara apapun mengatas-namakan BRIK ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  10. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, Power Merchant Pro, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan BRIK.
  11. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan BRIK.
  12. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan BRIK.
  13. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  14. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.

PELEPASAN

Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan BRIK (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut.

GANTI RUGI

Pengguna akan melepaskan BRIK dari tuntutan ganti rugi dan menjaga BRIK (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan situs yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

PILIHAN HUKUM DAN PENYELESAIAN SENGKETA

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan melalui pengadilan Republik Indonesia.

PEMBAHARUAN

Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. BRIK menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Situs, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

Index Syarat & Ketentuan